Pendakian Sederhana di Perbatasan, Awal Tahun 2017



Pergantian Tahun adalah hal yang ditunggu oleh banyak orang, disamping karena libur pergantian tahun juga menjadi salah satu momen terbaik dan terfaforit untuk travelling tentunya. :D tak terkecuali saya sendiri. Mengawali tahun dengan pendakian sederhana di perbatasan, sebenarnya bukan sebuah perjalanan yang terjadwal sih, tapi ya mengalir aja pergi sesuai hati ingin pergi kemana hahaha.

Bukit Cumbri, salah satu surga yang tersembunyi di perbatasan jawa tengah dan jawa timur, letaknya di antara wonogiri dan ponorogo. Namun bukit cumbri sendiri lebih tepatnya berada di Desa Kepyar,Purwantoro,Wonogiri dan juga masuk di Desa Pager Ukir,Sampung,Ponorogo.Satu Pesona dalam dua wilayah yang berbeda. Penasaran kan sebenarnya apa sih bagusnya bukit cumbri ini? yuk Kepoin aja :D !!



Bukit cumbri adalah sebuah bukit dengan ketinggian 638 mdpl. Tidak terlalu tinggi dan sangat cocok untuk para pendaki pemula untuk belajar mendaki dan melatih ketahanan fisik. Bukit cumbri sendiri adalah sebuah bukit batu yang besar yang letaknya tersembunyi di dua desa dan dua provinsi.

28 Januari aku dan 3 orang teman ku Andrie,Dinda dan Erika berangkat menuju bukit cumbri dari Klaten,Jawa Tengah. perjalanan kami tempuh melalui jalan raya Klaten Solo menuju arah wonogiri. Dari Klaten hingga Wonogiri kami tempuh dalam waktu sekitar 4 jam dan sampai akhirnya kami tiba di sebuah gapura perbatasan jawa tengah dan jawa timur



Nah gambar tersebut adalah penampakan dari gapura perbatasan Wonogiri dan Ponorogo. sebelum gapura tersebut ada pertigaan, untuk menuju bukit cumbri di pertigaan tadi belok kiri setelah itu ikuti saja petunjuk arah ke bukit cumbri.

Bukit cumbri bukanlah sebuah tempat wisata yang besar, letaknya yang tersembunyi juga membuatnya jarang diketahui para pecinta traveling. Akses menuju kesana pun juga tidak mudah, jalannya masih belum bagus dan memang harus penuh perjuangan untuk sampai kesana apalagi jika dengan motor seperti kami. 

Pada waktu itu, Januari 2017 biaya masuk ke bukit cumbri masih GRATIS ! kita cukup membayar parkir motor saja sebesar 2000 rupiah. makanya bagi para traveller yang belum kesini segera saja datang kesini, sebelum GRATIS nya hilang hahaha.  Dari tempat parkir kami mulai mendaki. Pada saat mendaki kami ditemani dengan hujan gerimis kecil. Namun hal itu justru membuat kami semakin bersemangat untuk segera sampai di puncak.



Tapi bro, jangan pernah sekalipun kamu meremehkan alam. Saya yang sudah mendaki berkali-kali di beberapa gunung-gunung tinggi, saat mendaki bukit cumbri dengan ketinggian yang hanya 638 mdpl ini saja energi ku benar-benar terkuras. Apalagi Aku, Dinda, dan Andrie adalah veteran yang sudah pernah mendaki gunung merbabu saja benar-benar capek mendaki di bukit cumbri ini, ya kisah pendakian merbabu itu pernah saya ulas di Mengantar 8 mimpi.
Jadi guys jangan anggap enteng ya :D jadilah traveller yang bijak.


kurang lebih 30 menit kami mendaki dan akhirnya tiba lah kami di puncak bukit cumbri. Sungguh pemandangan yang luar biasa di puncak bukit ini. Saya bisa melihat perkampungan dan juga banyak bukit-bukit lain yang seolah-olah terlihat melingkari perkampungan. Bukit-bukit hijau yang berjejer dengan pemandangan langit biru membuat kami benar-benar puas. Tidak salah kami memilih tempat ini untuk di jelajahi, semua perjalanan dan rasa lelah benar-benar sebanding dengan apa yang didapatkan apalagi masuknya GRATIS haha :D 

setelah istirahat sejenak kami mulai mencari spot-spot untuk berfoto. Nah bagi para traveller,saya merekomendasikan bukit cumbri untuk kalian masukan kedalam list perjalanan kalian, pokoknya kalian tidak akan rugi berkunjung kesini jadi segera saja datang :D.




Banyak sekali spot foto yang bisa di eksplore dari bukit cumbri ini. Sangat cocok buat kalian yang suka berpetualang dan mengoleksi foto-foto keren perjalanan. Tapi guys tetap megingatkan jadilah traveller yang bijak, jangan pernah sekalipun mengotori tempat dimana kalian berpetualang, selalu bawa dan buang sampahmu sesuai tempatnya. Karena saat di bukit cumbri ini saya juga melihat secara terang-terangan seorang yang mengaku 'TRAVELLER' membuang bungkusan plastik yang berisi sampah botol minuman seenaknya saja. Saya tegur dia malah nyolot, Traveller sejati harus bisa menghargai alam dan orang lain okee :D.




Selain itu bukit cumbri juga bisa menjadi spot bagus untuk menikmati sunrise ataupun juga sunset. sayangnya kami tidak bisa terlalu menikmati sunset di atas bukit cumbri saat itu karena langit yang sedikit mendung. Tapi itu bukan masalah buat kami, karena melihat pemandangan yang luar biasa dari bukit cumbri saja sudah sangat memuaskan.

Dan pada akhirnya kami menyudahi petualangan kami, sekitar pukul 18.00 WIB kami pulang kembali ke Klaten. 28 Januari kami berhasil menaklukan diri kami sendiri di puncak bukit cumbri. Mengawali tahun 2017 dengan pendakian sederhana di perbatasan. Ayooo Main ke Bukit Cumbri :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar