Maafkan Aku yang Dulu : Lawang Sewu Jaman Dulu vs Sekarang



Lawang sewu merupakan salah satu bangunan bersejarah yang sekaligus menjadi ikon kota Semarang. Ya lawang sewu lebih tepatnya terletak di sekitaran tugu muda kota Semarang,Jawa Tengah, jika berkunjung ke Semarang tak lengakp rasanya jika belum menginjakan kaki di salah satu ikon ibu kota jawa tengah ini. Sudah banyak media cetak maupun digital yang meliput dan mengulas lawang sewu, sehingga bisa dikatakan lawang sewu cukup terkenal dan hits di kalangan masyarakat indonesia.

Tapi sebenarnya gimana sih lawang sewu itu ? dan apa sih itu lawang sewu ?
Kita akan sedikit mengulas tentang perubahan yang terjadi di lawang sewu. Lawang sewu jaman dulu vs sekarang. yuk kepoin aja :D wkwk



Sebenarnya kenapa sih kok bangunan ini disebut lawang sewu ? Nah lawang sewu merupakan bahasa jawa yang artinya adalah seribu pintu / pintu seribu lah sama saja dibolak-balik intinya itu haha. Ya bangungan ini disebut lawang sewu karena memang memiliki banyak sekali pintu. Yang sudah pernah berkunjung pasti sudah tahu lah betapa banyaknya pintu di lawang sewu. Selain banyak pintu bangunan ini juga memiliki banyak jendela yang tinggi dan besar, namun hal itu justru membuat kesan lawang sewu menjadi semakin antik dan eksklusif :D.
Untuk masuk kesini pun juga tidak mahal untuk tarif pelajar hanya 5.000 rupiah dan untuk tarif normal 10.000. Itu harga terakhir saat saya berkunjung kesini yaa, tahun 2017 awal.




Dari gambar bisa dilihat perbedaan lawang sewu dulu dengan kondisi terbarunya. Lawang sewu yang dulu sangat terlihat berbeda dengan yang saat ini. Kesan antik dan mistis masih sangat kental, terlihat dari tampilan bangunan kuno yang memiliki tembok kotor dan rusak seakan tidak ada yang merawat. Lawang sewu memang terkenal dengan misterinya juga, banyak yang beranggapan bahwa lawang sewu merupakan bangunan angker bahkan banyak yang bilang lawang sewu termasuk daerah terangker di Indonesia. Banyak mitos yang beredar dari hantu noni Belanda yang menghuni bangunan tersebut hingga hantu arwah pribumu yang menjadi tahanan di lawang sewu. Namun semua itu hanya kisah dari pengalaman orang saja, percaya atau tidaknya terserah anda sendiri, atau bahkan anda justru pernah mengalami kisah serupa saat berkunjung ke lawang sewu ? :D.

Namun seiring berajalannya waktu lawang sewu juga semakin diperhatikan. Terbukti dengan perubahan yang terlihat sekarang. Lawang sewu tampak lebih segar dan bersih setelah dicat ulang dan dirawat. Kesan angker,mistis, dan penuh misterinya pun seakan sirna.Namun perubahan itu tidak merubah dari pesona lawang sewu yang antik ini, yang membuatnya tetap menjadi destinasi faforit di Semarang.



perubahan juga tidak hanya terlihar dari luar saja. Namun di dalam lawang sewu pun juga sangat berubah. Bisa dilihat lawang sewu yang dulu vs sekarang.Pintu-pintu yang dulu kusam dan lorong-lorongnya yang gelap dan kotor sekarang menjadi lebih bersih dan tidak gelap. Lorong dengan banyak pintu ini juga bisa menjadi spot foto yang bagus bagi kalian yang suka hunting foto.





Didalam pun juga sekarang tidak kalah indah. Dalam gambar bisa dilihat lawang sewu yang dulu vs sekarang. Dulu dengan tembok yang kusam dan rusak membuatnya terlihat seram, seakan bangunan ini benar-benar angker dan menakutkan. Tapi tidak dengan sekarang, tembok yang sudah dicat ulang menjadi sangat bersih membuat kesan seramnya hilang, mau masuk kedalam pun juga jadi nyaman dan gak takut lagi. Hayooo kalian yang gak pernah berkunjung ke lawang sewu karena takut coba kalian dateng sekarang, di jamin gak akan nyesel dateng ke Semarang :D coba aja deh hahaha.





Yuukk guuuysss yang rencana pengen pergi liburan, masukan Lawang Sewu dalam list petualangan kalian. Banyak spot foto yang bisa di eksplore di lawang sewu ini. Di dalam lawang sewu sendiri juga sudah dipenuhi taman-taman hijau yang gak kalah asyik laah. cuma dengan 10.000 saja tiket masuk dan kalian bisa belajar tentang sejarah lawang sewu, dan juga hunting spot foto keren.

Awal 2017 aku dan temanku andre sudah mencoba berkunjung kesana, ya karena memang kami penasaran dengan lawang sewu yang sekarang seprti apa. Karena terakhir kami datang ke Lawang sewu saat kami masih kecil dan itupun kami juga takut karena cerita angkernya bangunan ini memang sudah sangat terkenal sejak dulu.

Tapi setelah kami masuk, ternyata bagus juga, bersih dan rapi. gak nyesel kami datang saat itu. Kami berangkat dari Klaten ke Semarang. Perjalanan kami tempuh dengan motor selama kurang lebih 4 jam. rasa capek hilang seketika setelah kami dapat koleksi foto baru yang keren-keren haha :D ya aja lah ya... dan itu juga sekaligus menambah koleksi petualanganku juga, menginjakan kaki di ibukota jawa tengah, SEMARANG.

Naaah jadi tunggu apalagi, ayoo jangan ragu untuk datang ke Semarang :D

4 komentar: