Engine Compro : Cara Gampang Membuat Aplikasi Mobile (Mobile App)

Sekarang sudah hampir semua orang memiliki dan menggunakan smartphone dalam kegiatannya. Karena ya memang dengan smartphone mempermudah aktivitas kita. Dan saya yakin sobat traveller pun juga pasti sudah memakai smartphone :D. Smartphone memiliki banyak fitur yang bisa digunakan dan lebih canggih dari mobile phone jaman dulu. Fitur tersebut memiliki wujud software atau biasa kita sebut dengan aplikasi. Dan tak hanya itu, fitur-fitur dalam smartphone masih bisa kita tambah sesuka hati kita, caranya dengan download dari toko aplikasi yang tersedia di smartphone kita. Banyak sekali mobile app yang bisa kita download bahkan dengan cuma-cuma alias gratis haha :D. Dari hal itu lah kenapa smartphone saat ini disukai dan dipakai banyak orang termasuk saya juga :D.


Mobile App itu apa sih sebenarnya ?

Akan saya jelaskan sedikit tentang apa itu mobile app meski mungkin sobat traveller pun juga sudah sangat sering atau bahkan selalu menggunakannya. Mobile app / Mobile Application sendiri adalah sebuah aplikasi / software yang memiliki fungsi tertentu yang digunakan pada smartphone kita. Contohnya banyak, seperti software media sosial,instagram,line,WA,dll , lalu ada juga mobile app yang mempermudah pekerjaan / kegiatan kita seperti gojek,grabcar,viva video, google maps dsb. Semua aplikasi itu bisa dengan mudah digunakan dengan menggunakan smartphone, namun ada beberapa mobile app yang harus menggunakan koneksi ke internet dalam penggunaannya.

Pentingkah mobile app untuk smartphone ?

Kalo bicara penting atau tidak tentu sangat penting. tanpa mobile app maka fitur dalam smartphone kita hanya terbatas. Maka dari itu dengan menambah beberapa aplikasi lain akan sangat berpengaruh dalam mempermudah kegiatan-kegiatan kita. Tapi sedikit tips juga jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi karena akan membuat memori smartphone penuh. Untuk itu pilihlah aplikasi yang memang benar-benar sobat traveller butuhkan saja.

Dimana tempat untuk mendapatkan mobile app itu ?

Banyak tempat yang bisa digunakan untuk mengunduh / download aplikasi untuk smartphone kita. Yang sudah sangat sering digunakan tentunya adalah playstore. Dari playstore kita bisa mencari dan memilih banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan di smartphone kita. Tentunya untuk mengunduh aplikasi dibutuhkan koneksi ke internet.

Lalu apakah kita bisa membuat mobile app sendiri ?

Tentu sangat bisa. Nah untuk yang akan saya bahas kali ini memang tentang cara membuat aplikasi smartphone sendiri. Bagaimana caranya ? sulit tidak ? mahal tidak ? selengkapnya ayo kita kepoin aja disini :D

Cara Gampang Membuat Aplikasi Mobile Sendiri


Mau bikin aplikasi sendiri ? gampang kok caranya. Nah.. Engine Compro merupakan salah satu engine yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi smartphone. Engine ini bukan sebuah aplikasi jadi tidak perlu download dulu untuk bisa menggunakanya. cukup dengan masuk ke halaman https://engine.compro.id/ saja. Engine Compro adalah engine yang cukup sederhana, dan menurut saya menggunakan engine compro sangat mudah. Jadi inilah salah satu alat untuk membuat aplikasi smartphone dengan mudah dan sederhana. cocok untuk pemula yang ingin belajar membuat aplikasi smartphone sederhana. Ya langsung saja ke tutorial bagaimana cara menggunakan Engine Compro.

Tutorial Membuat Aplikasi Smartphone Sederhana Menggunakan Engine Compro.

1. Login Dulu dengan Menggunakan E-mail Aktif anda

Ya cukup dengan login menggunakan akun e-mail anda yang aktif dan jangan lupa passwordnya. Jika belum memilki e-mail bisa membuat e-mail terlebih dahulu.

2. Tampilan Utama Engine Compro 


Jika sudah berhasil login maka akan muncul tampilan seperti di atas. Pastikan anda sudah login dengan benar dan muncul nama user anda dibagian pojok kanan atas.

3. Pilih Create APP 
Jika sudah selanjutnya pilihlah tombol create app. pilihlah salah satu saja dari yang saya lingkari ini karena sama saja. Jika sudah di pilih maka akan muncul tampilan seperti ini.


Pada tampilan ini silakan memasukan nama aplikasi sesuai dengan apa yang anda inginkan. Nah sebelumnya akan saya jelaskan juga tentang 4 tahapan dalam pembuatan aplikasi mobile ini. yang pertama adalah create, lalu design, pada design ini sobat traveller bisa bebas untuk design aplikasi yang sobat buat.Lalu content untuk menambahkan dan menampilkan content apa saja yang akan sobat masukan dan yang terakhir adalah publish jika dirasa aplikasi mobile anda sudah siap digunakan.

4. Design Aplikasi

Jika sudah memasukan nama aplikasi kalian, selanjutnya adalah melakukan design. Nah pada tampilan di atas anda bisa merubah kategori aplikasi anda. Misal yang saya buat itu adalah aplikasi untuk edukasi sehingga kategori nya adalah education. Selanjutnya anda juga bisa merubah tampilan home aplikasi. Dengan klik tombol change home layout. Nanti akan ada banyak pilihan yang bisa digunakan seperti bubble, transparan, dll. Untuk contoh yang saya buat ini mengguanakan tampilan fancy dengan warna default/standard. Untuk warna juga bisa dirubah sesuai selera kok.


Lalu dibawah masih ada beberapa pengaturan lagi.
a. app icon itu untuk menampilkan icon dari aplication anda, untuk gambarnya anda bisa edit sendiri dengan menggunakan corel atau photoshop dan nanti tinggal upload saja dengan klik tombol change pada pengaturan icon app.
b. splashscreen, nah splashscreen ini merupakan gambar yang akan muncul saat booting aplikasinya. contoh sederhana seperti saat kita booting windows maka akan keluar gambar jendela dulu sebelum masuk ke dekstop. Ini juga sama seperti icon app, gambar bisa anda siapkan sendiri terlebih dahulu.
c. background, mungkin tidak perlu saya jelaskan detil ya tentang apa itu background. Background digunakan untuk menampilkan gambar saat aplikasi sedang berjalan. Ya pasti sobat traveller sudah sering lah menggunakan background/wallpaper ini ya.

Jika design sudah dirasa selesai dibuat klik next dan masuk tahap selanjutnya

5. Buat Content
Jika sudah melakukan 2 tahap diatas, maka inilah tahap inti dari pembuatan aplikasi mobile,yaitu content. Untuk itu sebaiknya sebelum membuat aplikasi lebih baik disiapkan dulu tema dan apa isi didalam aplikasi yang akan anda buat itu.


Dalam content akan muncul tampilan seperti di atas. Pertama anda akan menapatkan feature default berdasarkan kategori yang anda pilih sebelumnya.Tapi tenang feature tersebut bisa anda edit atau juga bisa anda tambahkan sesuai kebutuhan. Lalu sebenarnya apa itu feature dalam engine compro ?


6. Feature

Feature nanti akan muncul sebagai menu di dalam aplikasi kita. bisa dilihat seperti contoh diatas ada beberapa menu yang jika nanti di pilih akan menampilkan informasi terkait dengan menu tersebut.
seperti yang saya kataka tadi anda bisa menambahkan feature baru dengan cara klik pilihan add new feature (bisa dilihat pada gambar diatas). Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti ini


Untuk ya saya lingkari dengan warna biru itu adalah jenis feature yang bisa anda pilih tergantung dengan kebutuhan konten anda. Lalu yang saya tandai dengan lingkaran merah itu adalah layoutnya. Jadi kita tidak perlu lagi susah-susah mengatur layoutnya karena sudah disediakan oleh engine compro. Jika sudah memiih feature dan layoutnya yang sesuai dengan kebutuhan anda maka klik tombol add this feature dan feature baru telah dibuat :D.

Selanjutnya adalagi untuk edit feature


Label digunakan untuk menampilkan judul feature anda.
Show at home digunakan untuk menampilkan feature sebagai tombol di halaman home aplikasi. On untuk menampilkanya di halaman home. Off untuk tidak menampilkanya di halaman home.

Jika sudah memiliki semua feature yang dibutuhkan maka lanjut ke proses berikutnya

7. Manage Content 


Manage content ini digunakan untuk mengisi content didalam fitur-fitur yang sudah anda buat tadi. Untuk masuk ke dalam menu manage content adalah dengan klik tombol manage. 


Untuk masuk ke menu manage content perlu login lagi dengan user yang sama saat anda login engine compro.


diatas adalah tampilan home menu manage content. yang saya lingkari biru adalah opsi yang digunakan untuk manage content, dan yang saya lingkari merah itu adalah alamat url aplikasi anda di google playstore dan apple. Yups keuntungan dengan menggunakan engine compro adalah aplikasi yang anda buat akan langsung ditempatkan di playtore dan apple apstore saat anda klik publish nanti. Dan aplikasi anda bisa langsung didownload oleh orang-orang :D.

Intinya dalam manage content ini seperti manage di blog. 

8. Manage Menu

Dalam halaman manage content ada pilihan manage menu pada menu bar yang saya lingkari biru pada gambar diatas

Pilih feature mana yang akan anda edit.

manage menu digunakan untuk menrubah feature yang sudah anda buat sebelumnya. Anda bisa merubah nama feature anda, dan merubah icon untuk feature anda juga. Untuk icon ini semua sudah disediakan oleh engine compro kok tinggal klik saja :D

9. Manage Content


Untuk manage konten ini pada dasarnya sama seperti manage konten dalam blog. pilih feature mana yang akan anda masukan konten.


Untuk menambahkan content anda, pilih tombol add di pojok kanan atas. maka anda akan masuk tampilan seperti microsoftword. Nah disitu anda tinggal menulis content anda dan masukan gambar-gambar agar lebih menarik. Dalam contoh yang sudah saya buat, bisa dilihat jika saya sudah membuat beberapa konten. Konten yang sudah kita buat bisa kita edit lagi dengan klik pilihan view/edit dan juga bisa kita delete untuk menghapus konten tersebut. 

Cara input content ini pun juga berbeda-beda sesuai dengan layout content yang sudah dipilih sebelumnya. Untuk yang ada pada contoh diatas adalah dengan menggunakan feature profile-list. Tapi tenang saja, mudah kok cara input content di engine compro :D. 

Jika sudah jangan lupa pilh save changes untuk menyimpan data yang sudah anda buat.

Keuntungan membuat aplikasi dengan engine compro ini juga adalah adanya fitur untuk preview langsung melalui dekstop namun dengan tampilan smartphone. Jadi setiap perubahan yang anda buat akan langsung terupdate di tampilan smartphone. 








 Diatas adalah contoh konten yang sudah jadi. Dengan kreativitas anda bisa memodif sendiri agar tampilannya bisa sesuai dengan selera anda ya :D haha.

10. Publish 
Jika content sudah semua terisi, maka inilah saat yang ditunggu-tunggu. Publish aplikasi anda. dan cek apakah sudah bisa didwonlad di playstore.

Jadi kira-kira begitu cara gampang membuat aplikasi mobile dengan menggunakan engine compro. Tunggu apalagi ayo buat aplikasi mu dengan engine compro !

9 komentar:

  1. Cara daftarnya gimana ya kak?, cuma dikasih tau loginnya saja pun :(

    BalasHapus
  2. dari duduk saje tu, mari uji minda sikit, main teka teki kat sini. hilang penat keje seharian. santai2 dgn keluarga pun leh main jer games ni. yg penting, bertambah pengetahuan. level 18 dan 29 tu susah sikit beb. nak sampai ke level 45 bukan main perah otak. hehehe. download la sahut cabaran ini. klik - https://play.google.com/store/apps/details?id=com.datoksirstudio.happykuiztekanamahaiwan - tolong download dan jawab sikit sorang. nak tahu terer ke tak.
    .

    BalasHapus
  3. Udah punya Asuransi belum? Pasti belum, iya kan. Yuk baca artikel berikut Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas kali aja setelah baca artikel berikut langsung kepincut beli asuransi. Asuransi itu penting loh.

    BalasHapus
  4. Saya udah nyoba buat apps via compro ...tapi sangat mengecewakan ...upliner ku sangan tidak membantu ,padahal saya sekaligus beli 3 apps dan bayar biaya designnya saya beli langsung 3 apps dan 3 biaya design bikinnya asal2an upline saya malah ngeblock wa saya ...jadi terkatung2 buang uang 20 juta dg percuma,jsnjinya klo nggak puad bisa di resell ....hhhh kecewa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas,jika berkenan saya ada yang ingin didiskusikan. Kontak email saya mohamad.ashari@gmail.com semoga bisa kolaborasi

      Hapus
  5. mas, kalau outputnya itu bisa file apk yang tidak otomatis di publish ke playstore ?
    Lalu misal ada update apakah langsung auto update ?

    BalasHapus