Dampak Negatif Touring Pada Kesehatan Tubuh

Punya motor, punya SIM, dan punya jiwa berpetualang maka tidak akan artinya jika tidak melakukan perjalanan atau biasa kita kenal dengan istilah touring :D. Touring sendiri adalah kegiatan mengendarai sepeda motor dan biasa menuju ke tempat yang jauh. Apakah sobat traveller sudah pernah touring ? atau bahkan sudah menjadi hobi ? kalau saya sendiri sih hobi untuk melakukan perjalanan jauh seperti ini dengan sepeda motor. Tapi karena masih noob jadi belum sampai ke tempat-tempat dengan jarak yang super jauh. Ya mentok juga cuma pergi ke tempat dengan jarak 5 jam perjalanan saja :D.


Touring sendiri biasanya dilakukan berkelompok, entah dengan teman-teman atau dengan komunitas motor atau juga dilakukan sendirian. Kalau ini juga tergantung masing-masing orang lebih suka menyendiri atau justru bersenang-senang dengan sahabat. Kalo kamu lebih pilih jalan-jalan sendiri atau bareng-bareng ?? :D

Tapi meski terlihat menyenangkan,touring juga memiliki dampak buruk juga untuk kesehatan. Apa sih dampak buruk touring bagi kesehatan kita ? langsung aja kepoin yuk

Dampak Buruk Touring Bagi Kesehatan Tubuh

1. Bikin Pegal-Pegal


Bagi sobat traveller yang sudah sering melakukan touring / bepergian jauh dengan menggunakan motor pasti tahu lah resiko ini. Badan pegal dan nyeri adalah hal yang pasti dialami oleh seseorang yang melakukan perjalanan jauh dengan motor. Lalu apa yang menyebabkan tubuh kita menjadi pegal-pegal ? Badan menjadi pegal karena badan kita berada dalam posisi yang sama terus-menerus dan dalam waktu yang lama. Naik motor meskipun hanya duduk namun karena posisi yang tidak berubah dalam waktu yang panjang maka pada bagian sendi-sendi kita akan mengalami pegal-pegal. Biasanya sih kalo aku pegal di bagian leher, tangan, paha, sama pinggang. Untuk pegal ini memang bukanlah hal serius, namun tetap saja mengganggu kita saat akan melakukan aktivitas yang mengharuskan kita bergerak.

2. Sakit Punggung


Jangan pernah meremehkan sakit punggung. Karena dalam kasus yang ekstrim sakit punggung ini bisa berakibat parah dan lama untuk sembuh. Sakit punggung ini bisa terjadi karena kita terlalu lama duduk dengan posisi yang salah, bisa terlalu bungkuk ataupun juga terlalu tegak saat touring dengan motor, sehingga tulang punggung menjadi kaku dan membuat kita susah bergerak.

3. Menimbulkan Gangguan Pada Kulit

Melakukan touring tanpa menggunakan perlengkapan untuk melindungi kulit juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit. Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari antara pukul 10.00-14.00 Siang akan beresiko membuat kuli terlihat tua dan keriput, pada kasus yang ekstrim bisa pula membuat kanker kulit. Jadi Alangkah baiknya kenakanlah jaket dan perlengakapan untuk melindungi kulit saat melakukan touring.

4. Dehidrasi


Jangan pernah meremehkan rasa haus. Melakukan perjalanan panjang/ touring tentunya menguras banyak cairan dalam tubuh. Nah kadang kita abai saja dengan rasa haus yang sudah kita rasakan dengan alasan mager, males buat berhenti, tanggung udah deket, dll. Faktanya rasa haus itu sudah termasuk gangguan dalam tubuh dan sudah termasuk dehidrasi ringan. Jika terus dibiarkan maka dampaknya bisa lebih buruk. Kekurangan cairan tubuh akan membuat kita kurang fokus dan itu akan sangan berbahaya saat sedang berkendara. Jadi inget iklan ya haha :D

5. Menimbulkan Gangguan Paru-Paru 


Terus-menerus diterpa angin saat berkendara juga tidak baik untuk kesehatan dan beresiko menimbulkan gangguan pada paru-paru. Hal itu disebabkan dari polusi kendaraan yang terus-menerus menerpa kita, sehingga ya mau tidak mau kita menghirupnya juga. Udara kotor yang kita hirup terus-menerus bisa menimbulkan sesak nafas dan dalam kasus ekstrim membuat asma kita lebih parah. Dan yang lebih berbahaya adalah berkendara saat malam hari, karena angin malam justru lebih berbahaya untuk tubuh alasanya adalah karena angin malam itu lebih lembab dan seperti yang sudah kita pelajari di SD kalo saat malam hari itu justru  mengeluarkan CO2.

Touring memang menyenangkan, tapi tetap perhatikan kesehatan ya sobat. Jangan sampai kita menyesali semuanya. Hobi boleh tapi tetaplah bijaksana. Semoga dengan informasi tersebut bisa menjadi pengingat bagi kita semua ya :D.

Quotes
" Setiap perjalanan sejauh apapun pastinya akan dimulai dari langkah pertama"
-Dave-

2 komentar: