Bahagia Dalam Kabut

22 Oktober 2016 adalah jadwal kami untuk mencoba salah satu puncak lagi. Kali ini adalah di puncak gunung Andong.Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Andong memiliki ketinggian 1463 mdpl. Ya tidak terlalu tinggi jika dibandingkan pengalaman 2 kali mendaki ku di Gunung Merbabu. Namun begitu tetap kita tidak boleh meremehkan alam, karena di alam banyak hal yang bisa terjadi. :D

Kami berjumlah 4 orang ada Andrie, Arda, Nina dan aku sendiri. Kita start dari jogja, tepatnya di kampus UKDW. Dari titik start kami berangkat sekitar pukul 14.30 siang. dengan membawa 2 sepeda motor kami berangkat menuju Magelang. Perjalanan memakan banyak waktu karena macet di jalan raya Magelang, mana Panas lagi hadeeh.

kami berencana naik melalui rute dari ngablak. sampai di ngablak sekitar jam 17:30. langsung saja kami masuk ke basecamp dengan biaya saat itu hanya Rp 5000/orang ditambah biaya parkir Rp 5000/motor. sampai di basecamp kami istirahat sebentar. udara semakin dingin, pukul 19:00 kami mulai naik.

Dan benar saja, di awal perjalanan turun hujan. ya meski tidak terlalu deras tapi tetap saja membuat basah haha. Ini adalah pendakian perdana ku di gunung Andong, sebelumnya aku belum pernah mendaki disini. Satu-satunya yang pernah mendaki disini cuma Arda. jadi ya percaya saja lah sama dia. Meski memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, tetap saja rute yang dilalui tidak bisa di sepelekan. rute dari basecamp ke pos 1 saja terjalnya sudah bikin capek apalagi ditambah basah air hujan. Saat istirahat di pos 2 ada kejadian yang cukup menggelikan, aku jatuh saat mau duduk kan . kamvret sekali hahaha :D.

Sekitar pukul 21:00 kami tiba di puncak, dalam hati ku waw, cepat sekali mendaki gunung ini. 2 jam sudah sampai puncak. Tapi belum selesai, kami masih berpetualang untuk mencari lahan mendirikan tenda. Benar-benar penuh sekali dengan nyaris gak ada tempat. Tapi beruntung kami dapat lahan meski cukup lama muter-muter hanya untuk mencari lahan.

Ada beberapa hal unik yang aku temui saat mendaki di gunung Andong in :D, yang menurutku lucu aja haha

1. Jangan kaget, ternyata di puncak Gunung Andong ada sebuah WARKOP alias Warung Kopi >.< hahaha. di puncak gunung ada Warung broooo. Di warung itu menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dan juga ada tempat charge HP >.< hahaha

2. Menurutmu kenapa ada tempat Charge HP ?? jangan kaget juga meski berada di ketinggian, ternyata HP ku dapet sinyal 4G COOYY hahaha, jadi aku dipuncak bisa bikin story instagram dan upload foto >.< hahahaha jadi jangan kawatir HP kalian masih berguna lah kalo naik disini

3. Di puncak kami juga bisa denger musik hajatan dari desa di bawah :D haha ada dangdutan bro.

4. Meski ada warung, ada sinyal tapi ada 1 hal yang masih belum ada, yaitu Toilet. untuk urusan yang satu ini kami masih harus cari semak-semak hahaha

Dinginya malam membuat kami malas untuk beranjak, dalam tenda kami langsung saja tidur istirahat. pukul 05.00 kami bangun untuk melihat sunrise. Yaah tapi sayang sekali, kami belum beruntung saat itu. T_T kabutnya sangat tebal bahkan mau liat kedepan saja jarak pandang pendek sekali. akhirnya dari jam 05:00-08:00 kami hanya jalan jalan dan berfoto di papan tanda puncak gunung Andong. sambil istirahat di Warkop tadi ahahah. pukul 09:00-12:00 kabut mulai menipis tapi tidak hilang sepenuhnya. Ya untuk liat gungung merbabu dan merapi sudah bisa sih, meski tidak liat utuh karena tertutup kabut.

Namun semua itu tidak membuat kami murung dan kecewa, ada banyak hal seru yang kami alami dalam pendakian ini. dalam tebalnya kabut kami masih bisa tertawa bersama, sambil menikmati luar biasanya karya MahaAgung ini.

pukul 13:00 kami turun, dan hujan lagi kali ini sangat deras, hingga jalan jadi licin banget, beberapa kali aku terpeleset lumpur sampai celana ku kotor banget. akhirnya sampai di basecamp bawah kami langsung mandi bersih-bersih, makan dan istirahat sebentar. sekitar pukul 15:00 kami mulai melanjutkan perjalan untuk pulang. karena aku gak bawa celana cadangan alhasil saat kembali ke rumah ya aku cuma pake celana kolor pendek aja. Biarin lah la mau gimana lagi coba >.< hahaha

sungguh pengalaman yang luar biasa berada dalam kabut gunung Andong. dan aku masih penasaran untuk bisa kembali kesana lagi tanpa kabut :D